Ads Atas

Ibadah Umroh 2020 Bersama MKU Jakarta

Assalamualaikum
Alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Semoga kita selalu diberikan kesehatan pada saat pandemi ini.
Pada artikel kali ini saya sedikit bercerita flashback 2 tahun yang lalu, dimana saya diberikan kesempatan untuk ibadah Umroh di tanah suci Mekkah. Alhamdulillah kesempatan tersebut saya dapat dari kantor dimana saya bekerja yang memberikan setiap karyawan minimal bisa ibadah Umroh setiap tahunnya 2 orang.
Jadi ceritanya waktu sebelum bulan puasa saya dipanggil oleh pak direktur untuk ke ruangannya, saya kira mau bahas pekerjaan namun ternyata saya disuruh memilih oleh pak direktur apakah ingin berangkat tahun 2020 atau 2021 untuk ibadah Umroh, dan saya izin untuk membicarakan nya terlebih karena posisi istri pada saat itu sedang hamil tua. Sesampainya dirumah saya langsung ngobrol dengan istri perihal saya diberangkatkan ibadah Umroh mau 2020 atau 2021, lalu istri bilang sesuatu yang baik alangkah baiknya kita terima dan ambil jangan ditunda karena kita tidak akan tau kedepannya bagaimana dan istri bilang jangan khawatirin aku sama dede nanti fokus ibadahnya. Keesokkan harinya saya sampaikan jawaban saya kepada pak direktur dan pak hrd bahwa saya insya allah siap berangkat tahun ini (2020). Jujur saya awalnya bingung saya disana bagaimana ya di negara orang, karena temen sudah ada yang berangkat tahun lalunya saya sedikit bertanya bagimana disana apa yang harus dipersiapkan dan apa saja bacaan yang perlu dihafalkan. Dari pengalaman teman saya mulai mempersiapkan diri bagaimana tata cara bacaan ataupun perlengkapan yang wajib disana. Seiring berjalannya waktu tak terasa sudah memasuki bulan Ramadhan dimana kantor mengadakan buka bersama seperti tahun-tahun sebelumnya dimana pada kesempatan saat menyampaikan sambutan Pak Direktur dan Pak Komisaris memberikan pengumuman bahwa saya dan teman satu di visi saya akan diberangkatkan ibadah Umroh pada awal tahun 2020. Tepatnya awal tahun pada tanggal 17 Januari 2020 saya melaksanakan manasik terlebih sehari sebelum keberangkatan ke tanah suci, adapun isi dari manasik ini adalah menjelaskan tata cara saat kita melakukan ibadah Umroh.

Gambar diatas suasana saat sedang mendengarkan apa yang disampaikan oleh panitia

Gambar diatas foto bersama Pak HRD saya yang membantu dan menemani dari awal.

Keesokkan harinya adalah hari keberangkatan saya ke bandara Soekarno-Hatta, saya diantar oleh istri anak kedua orang tua serta mertua.

Gambar diatas foto bersama istri dan anak saya, perasaan pengen nangis ada karena harus ninggalin anak yang masa lucu-lucunya 3 bulan.

Gambar diatas foto bersama keluarga

Gambar diatas foto bersama teman kantor dan Pak Direktur

Gambar diatas perjalanan menuju gate masuk pesawat, ternyata yang orang yang di foto saya tidak sengaja adalah teman 1 kamar nanti selama di Madinah dan Mekkah.

Gambar diatas menunggu masuk ke dalam pesawat

Gambar diatas adalah saya sudah berada di bandara internasional King Abdul Aziz, karena di dalam pesawat kita dianjurkan untuk mematikan handphone selama perjalanan dikarenakan bisa mengganggu frekuensi pesawat dan kita harus mematuhi apa yang disampaikan kru pesawat demi keamanan dan kenyamanan.

Gambar diatas jamaah sedang nunggu koper kecil yang digunakan sesampai di kota Madinah.

Gambar diatas setelah semua sudah dicek baik koper dan paspor kita naik bus menuju kota Madinah. Jadi rute jadwal kita adalah ke kota Madinah lalu ke kota Mekkah. Bus berangkat dari bandara pukul jam 1 malam perjalanan ke kota Madinah kurang lebih 5 jam.

Alhamdulillah akhirnya saya sudah sampai dengan selamat di kota Madinah langsung menuju masjid Nabawi untuk menunaikan ibadah sholat.

Suasana di masjid Nabawi

Suasana di masjid Quba, masjid quba adalah masjid yang pertama kali Rasulullah bangun di kota Mekkah

Suasana di jabal uhud, jabal uhud adalah bukit yang sangat bersejarah bagi umat muslim di dunia dimana pernah terjadi sebuah perang dahsyat antara kaum muslimin yang berasal dari Madinah yang dipimpin Nabi Muhammad SAW dengn kaum musyrikin Quraisy dari Makkah. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, Jabal Uhud adalah gunung yang ada di surga.

Suasana saat saya dan rombongan NRA mengambil miqot niat ihram di madinah tepatnya masjid Bir Ali

Suasana saat saya telah tiba di kota Mekkah untuk melaksanakan rukun ibadah umroh diantaranya ihram, thawaf, sai dan tahallul dengan tertib. Masya Allah berada disini saya bergetar hati semangat untuk beribadah dan melihat orang - orang sangat ingin bisa menyentuh ataupun mencium Hajar Aswad.

Masya Allah begitu indah dan megah Ka'bah kiblat umat islam untuk melakukan ibadah sholat.

Foto bersama di depan Zam Zam Tower

Suasana di Jabal Rahmah, Jabal Rahmah adalah sebuah bukit yang berada di arafah yang merupakan bukti tempat dimana nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa.

Suasana di Jabal Nur

Foto bersama teman satu kamar

Tidak bisa saya jelaskan satu persatu namun rasainya ingin bisa kembali beribadah disana.

Sekian semoga pengalaman saya ini bisa memberikan gambar sedikit tentang kota Madinah dan kota Mekkah dan bagaimana cara rukun ibadah umroh.
Jangan lupa like dan share