Ads Atas

Backup VM pada Proxmox

Assalamualaikum,
Berjumpa kembali dengan saya dprasit solutions / dprasit19. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam membackup sebuah Virtual Machine (VM) pada server proxmox.
Dalam membackup vm kita bisa menggunakan 2 metode yakni otomatis dan manual, namun pada kasus ini saya akan membagikan backup vm dengn metode manual. Baik langsung saja kita lakukan langkah-langkah berikut :
1. Langkah pertama kita klik VM pada server view lalu akan muncul menu list VM yang kita pilih, pada menu VM > klik Backup > Backup Now dan akan diarahkan ke form backup VM. Pada form backup VM kita harus memilih Storage lokasi file backup akan tersimpan, Mode, dan Compression. Untuk storage sendiri pada kasus ini saya menggunakan local server, untuk modenya snapshot, dan compressionya saya pilih none tanpa dikompres filenya namun jika kalian menginginkan backup file yang lebih ringkas size dan cepat bisa memilih LZO(fast). Jika sudah semua kita lanjutkan klik tombol Backup untuk memulai proses, seperti gambar berikut :

2. Langkah kedua setelah klik tombol Backup maka akan muncul task viewer sebagai informasi status backup. Berikut tampilan saat awal starting backup :

Pada gambar dibawah ini juga task viewer namun bagian ini menjelaskan bahwa proses backup sudah selesai dengan sukses.

Setelah selesai tampilan task viewer bisa kalian close lalu akan terlihat file sudah terbackup dengan format vma untuk tanpa compression file namun untuk yang menggunakan compression formatnya vma.lzo. Seperti gambar berikut ini :

3. Langkah ketiga kalian bisa langsung download ataupun menggunakan ftp server untuk mengcopy file backup tersebut.


Sekian semoga tutorial kali ini bermanfaat, jangan lupa like dan share
Nantikan tutorial selanjutnya jangan lupa cek update. Sampai jumpa 😊

Post a Comment

0 Comments