Ads Atas

Backup Otomatis Settingan Mikrotik Dengan Email

Assalamu'alaikum,
Berjumpa kembali dengan dprasit solutions / dprasit19 kali ini saya akan sedikit share tentang bagaimana cara backup otomatis settingan mikrotik dengan email.
Dari artikel sebelumnya saya sudah membahas dari bagaimana cara backup dan restore settingan mikrotik dan backup otomatis settingan mikrotik, kali ini saya akan menjelaskan backup otomatis setting mikrotik melalui email gmail. Mungkin ada yang bertanya bedanya dari artikel sebelumnya apa ? Perbedaanya ada pada metode penyimpanannya, disini saya menggunakan gmail sebagai tujuan wadah penyimpanan backup mikrotik. Sedangkan untuk manfaatnya kurang lebih sama sepertinya halnya untuk meminimalisir terjadinya hardware error atau rusak secara tiba-tiba dan mempermudah pekerjaan seorang administrator untuk bisa recovery secara cepat.
Baik langsung saja kita masuk dalam konfigurasi langkah demi langkah dalam membackup otomatis setiingan mikrotik dengan email, sebagai berikut :
1. Kita login terlebih dahulu ke perangkat mikrotik dengan winbox yang akan kita settingkan backup melalui gmail.
2. Selanjutnya kita lakukan konfigurasi email setting pada menu tools -> email -> email setting, seperti gambar berikut.
Pada gambar diatas kita perlu melakukan email setting, karena disini saya menggunakan gmail maka server kita isi dengan ip 74.125.130.109 lalu port menggunakan 587 dengan sertifikat start tls yes lalu isi from misal nama router dengan user dan password email gmail kita.
3. Setelah selesai kita email setting, maka kita masuk ke system -> scripts -> +. Selanjutnya isi name misal BackupEmail lalu masukan source berikut :
/system backup save name=([/system identity get name] . "-" . [:pick [/system clock get date] 7 11] . [:pick [/system clock get date] 0 3]. [:pick [/system clock get date] 4 6]); /tool e-mail send to="indotrans.data18@gmail.com" subject=([/system identity get name] . " Backup " . [/system clock get date]) file=([/system identity get name] . "-" . [:pick [/system clock get date] 7 11] . [:pick [/system clock get date] 0 3] . [:pick [/system clock get date] 4 6] . ".backup"); :delay 10; /file rem [/file find name=([/system identity get name] . "-" . [:pick [/system clock get date] 7 11] . [:pick [/system clock get date] 0 3] . [:pick [/system clock get date] 4 6] . ".backup")]; :log info ("System Backup emailed at " . [/sys cl get time] . " " . [/sys cl get date])

Setelah mengisi lalu klik OK dan untuk detailnya akan terlihat seperti gambar diatas. Pada bagian source /tool e-mail send to="indotrans.data18@gmail.com" email diganti dengan email kalian masing-masing.
4. Setelah membuat scripts maka kita akan buat scheduler sebagai jadwal kapan script itu akan berjalanan. Langsung saja klik menu system -> scheduler -> + lalu isi name misal backup gmail, start date untuk awal pembuatan jadwal mau dimulai kapan, start time untuk pukul berapa jadwal ini berjalan, interval lamanya durasi jadwal, dan on event isi sesuai name di system script sebelumnya misal BackupEmail lalu klik OK untuk simpan seperti gambar berikut :
Pada gambar diatas merupakan tampilan scheduler yang kita sudah buat.
5. Test script yang sudah kita buat dengan cara run script seperti gambar berikut :
6. Cek email apakah backup sudah dikirimkan ke email kita. Berikut contoh email backup yang sudah masuk :
Pada gambar diatas terlihat bahwa mikrotik sudah mengirimkan backup ke email kita, selanjutnya kita tinggal download untuk keperluan restore.

Sekian semoga tutorial kali ini bermanfaat, jangan lupa like dan share
Nantikan tutorial selanjutnya jangan lupa cek update. Sampai jumpa 😊

Post a Comment

0 Comments